Rabu, 06 April 2011

BERKIRIM SMS GRATIS DENGAN GMAIL

Artikel ini di luar materi Katekese yang biasanya saya posting, tetapi berguna juga bagi Anda yang aktif dalam bidang pewartaan, terutama kita-kita yang tidak punya ponsel untuk berkirim SMS, atau ada ponsel tapi pulsa sedang minim, padahal harus berkirim SMS ke beberapa rekan untuk pemberitahuan atau berita penting. Bagi Anda yang memiliki account Gmail, itu bukanlah masalah.

Memang asyik memiliki account di Gmail, selain email-email yang bisa didownload melalui fasilitas POP/IMAP sehingga Email bisa dibaca offline melalui Thunderbird atau Outlook, account di Gmail juga bisa digunakan untuk mengakses dan menjadi pintu masuk bagi semua layanan Google yang lain, terutama yang paling berguna adalah Googledocs (yang menyediakan fasilitas penyimpanan online - sebagai salah satu bentuk Cloud Computing - dan mempergunakan program Office online), Gtalk (untuk Messenger), Picasa (upload dan berbagi foto), Youtube (opload dan berbagi video), Googlemaps, dan tentu saja Blogger serta semua layanan Google lainnya. Salah satu fasilitas yang bisa dinikmati oleh pemilik account Gmail adalah dapat mengirim dan menerima SMS ke ponsel lokal dan internasional. Dahulu fasilitas mengirim SMS juga dapat dilakukan dengan YM, tetapi sekarang sudah tidak dapat diaktifkan lagi. Memang tidak semua operator dapat menerima (dan membalas) SMS melalui Gmail, hanya groupnya Telkomsel dan Indosat saja. Tetapi menengok bahwa kedua operator ini merupakan operator dengan user terbanyak di Indonesia, maka fasilitas bekirim SMS gratis melalui Gmail, tentu bisa menjangkau sebagan besar pengguna ponsel di Indonesia. Sungguh mengasyikkan dan tentu saja lebih irit. Tapi Anda memang harus punya seperangkat PC atau netbook/notebook serta koneksi internet di dalamnya.


BAGAIMANA MENGAKTIFKANNYA ?

Sebenarnya jika Anda sudah memiliki account Gmail dan ketika Anda login ke Gmail menggunakan user-id dan password Anda, Anda sudah teraktivasi untuk menggunakan fasilitas tersebut. Tapi mungkin Anda belum tahu caranya. Sedikit petunjuknya sebagai berikut :

  • Masuklah (login) ke account Gmail Anda
  • Pilihlah Standar View untuk melihat email Anda.
  • Setelah masuk ke Gmail Anda, ada menu di sebelah kiri, berisi: Inbox, Sent Mails, Draft, dan sebagainya, di bawah menu-menu itu ada Menu: SEND SMS kemudian di bawahnya menu CHAT. Klik Menu Send SMS untuk expand menu. Akan muncul kotak yang ada tulisan Phone Number
  • Isikan di kotak Phone Number, Nomor ponsel yang akan Anda kirimi SMS. Dahului dengan nomor kode Indonesia yaitu +62 dan dilanjutkan dengan Nomor ponsel tujuan. Ingat hanya berlaku untuk nomor ponsel grupnya Indosat (Mentari, Matrix, IM3) dan Telkomsel (Kartu Hallo, Simpati, As). Jadi misalnya nomor tujuan Anda adalah 081311112222, maka Anda harus masukkan nomor +6281311112222. Lalu tekan [ENTER].
  • Akan muncul window yang meminta Anda mengisi nama user nomor ponsel tersebut. Isikan Nama dan klik Save, maka Nama Kontak yang baru saja Anda masukkan akan muncul di bawah menu CHAT, dan akan muncuk window di layar bagian bawah. Anda siap untuk kirim SMS.
  • Untuk mengirim SMS, cukup ketikkan di kotak yang disediakan dan tekan [Enter] untuk mengirimnya.

Memang tertulis bahwa Anda hanya diberi kuota untuk berkirim 50 SMS setiap hari, tetapi sepanjang pemakaian yang telah saya lakukan, 50 SMS itu tidak berfungsi, artinya kita bisa mengirim SMS lebih dari itu. Selamat menikmati SMS gratis sepanjang hari. Sampai kapan layanan ini berlaku? penulis sendiri tidak tahu, tapi sepanjang masih bisa dipergunakan, ya silahkan dinikmati aja layanan SMS Gratis dari Gmail.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat bagi karya pewartaan iman Anda.
Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...