Selasa, 03 Agustus 2010

PERSIAPAN-PERSIAPAN DALAM RANGKA PENERIMAAN SAKRAMEN-SAKRAMEN INISIASI (BAPTIS, KRISMA, EKARISTI)

Setelah melalui berbagai proses pembinaan dan pendampingan selama kurang lebih 1 tahun, sungguh menjadi sebuah kegembiraan yang harus disyukuri bahwa saat penerimaan para katekumen dalam Gereja katolik semakin dekat. Masih sangat jelas terasa bagaimana perjuangan para Pembina/Katekis dalam ikut memperjuangkan para katekumennya agar dapat menerima rahmat Pembaptisan, Penguatan dan Ekaristi. Apresiasi pribadi saya sampaikan kepada Ibu Jeny Triratna Dewi yang dengan segala pengorbanan yang diberikan telah berjuang agar semua katekumen lansia dapat menerima Pembaptisan. Terima kasih juga kepada Fasilitator Katekese Paroki kita: Ps. B. Herman Tjahja, SJ, yang dengan setia dan sabar meluangkan waktu dan perhatian bagi para Katekis dan terutama pada Katekumen yang jumlahnya tidak sedikit dalam proses wawancara pada bulan Juni dan Juli yang lalu.

Jumlah peserta (katekumen calon baptis) dalam perayaan kali ini adalah 88 orang. Mereka berasal dari kelompok-kelompok katekumenat :
- Kel. Katekumenat Lansia: St. Anna dan St. Yoakim : 17 orang
- Kel. Katekumenat Dewasa : St. Agustinus : 43 orang
- Kel. Katekumenat Remaja : St. Theresia Kanak-kanak Yesus : 11 orang
- Kel. Katekumenat Remaja-Dewasa: St. Fransiskus Xaverius : 6 orang
- Kel. katekumenat Anak-anak: St. Theresia Avilla : 11 orang.


Sehubungan dengan makin dekatnya hari penerimaan sakramen-sakramen inisiasi (baptis, Krisma dan Ekaristi), maka perlu diperhatikan beberapa persiapan dalam rangka pelaksanaan penerimaan sakramen-sakramen inisiasi tersebut.

Berikut adalah Hal-hal yang harus diperhatikan dalam rangka persiapan itu yang disusun berdasarkan urutan tanggal pelaksanaan :

- Hari Rabu, Tgl. 4 Agustus 2010, adalah batas akhir penyerahan rekap data para katekumen calon baptis. Rekap data diserahkan kepada panitia dari Kelompok Katekumen St. Agustinus atau dikirimkan melalui email moderator blog Program Katekese ini.

Hari Kamis, Tgl. 5 Agustus 2010, mulai jam 18.30 WIB, bertempat di Gereja
Acara : Latihan I penerimaan Sakramen-sakramen Inisiasi.
Wajib hadir : Calon Baptis (dan Pasangan, bagi yang telah menikah) dan para Pembina/Katekis dari semua kelompok katekumen
Pakaian: rapi dan sopan.
Yang harus diperhatikan: masing-masing kelompok Katekumen menempati tempat duduk yang telah diatur dan dipersiapkan (mohon diperhatikan lampiran denah pada notulen rapat panitia)
Keterangan lain: Tgl. 5 ini juga menjadi batas akhir penyerahan data-cata para calon baptis ke Sekretariat Paroki disertai Rekap Datanya oleh masing-masing kelompok Katekumen tersebut di atas.

Hari Minggu, Tgl. 08 Agustus 2010, mulai jam 08.00 WIB, bertempat di Ruang Petrus Lt. 3 Gedung Paroki.
Acara : Rekoleksi calon baptis,
Tema: Diutus Menjadi Saksi Kristus di Tengah Jemaat dan Masyarakat
Pakaian : bebas, rapi, sopan, bercelana panjang
Peralatan yang harus dibawa: Alkitab, PS, Alat tulis, lembaran koran (untuk alas duduk)

Hari Minggu, Tgl. 08 Agustus 2010, mulai jam 08.30 WIB
bertempat di Aula Lt. 2 Gedung Paroki,
Acara : Rekoleksi Wali Baptis, untuk menyegarkan iman dan semangat dalam panggilan sebagai wali baptis

Hari Selasa, Tgl. 10 Agustus 2010, mulai jam 18.30 WIB, bertempat di Gereja
Acara : Latihan II (Gladi bersih) Penerimaan Sakramen-sakramen inisiasi.
Wajib hadir : Calon baptis dan Wali Baptis dan Pasangan (bagi yang telah menikah) serta para Pembina/Katekis dan Petugas dari rekan-rekan Legio Mariae
Pakaian: rapi dan sopan.
Tujuan : Latihan II (gladi bersih) ini untuk memantapkan latihan I bagi para calon, sekaligus untuk melakukan evaluasi dan perbaikan bila masih ada hal-hal yang masih harus diperbaiki.
Catatan lain : Bagi Wali Baptis yang tidak dapat hadir pada tanggal 10 Agustus 2010 dapat datang pada latihan I tgl. 5 Agustus 2010.

Hari Jumat, Tgl. 13 Agustus 2010, mulai jam 18.00 WIB, bertempat di Gereja
Acara : Upacara Penerimaan Sakramen-sakramen Inisiasi : Baptis, Krisma dan Ekaristi (serta Perkawinan).
Wajib Hadir : Calon baptis dan Wali Baptis dan Pasangan (bagi yang telah menikah) serta para Pembina/Katekis dan Petugas dari rekan-rekan Legio Mariae.
Pakaian para petugas liturgi : Batik (dan jangan lupa mengambil Pin Panitia Sie Katekese sebelum acara dimulai)
Pakaian Wali Baptis dan Pasangan : Formal, Rapi, Sopan.
Pakaian Calon Baptis : Formal, Rapi, Sopan, warna (atasan-bawahan): putih-putih atau putih hitam, pria: kemeja dan bercelana panjang, putri: formal dengan rok di bawah lutut atau gaun terusan.
Hal-hal yang harus diperhatikan pada hari ”H”:
- Semua peserta wajib datang 1/2 jam sebelum acara dimulai.
- Yang harus dipersiapkan oleh petugas : peralatan liturgi baptis, krisma, perkawinan dan ekaristi, kotak persembahan dan stipendium (mohon diperhatikan notulen rapat panitia).
- Calon Baptis menyerahkan stipendia kepada petugas di pintu masuk gereja dan meminta/mengambil nametag + corsase + kupon konsumsi dari panitia yang bertugas.
- Upacara dimulai dari luar gereja dengan perarakan para calon masuk menuju/ke dalam gereja.
- Kecuali Petugas Dokumentasi yang ditunjuk, kerabat dan keluarga dilarang mengambil gambar/foto saat upacara berlangsung.

Kami tidak mungkin dapat melaksanakan rencana ini dengan kemampuan kami sendiri. Kami yakin acara ini akan terlaksana dengan baik hanya berkat bantuan dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak. Untuk itu semua, sebelum dan sesudahnya kami sampaikan banyak terima kasih. Semoga karya pelayanan yang kita lakukan membawa berkat melimpah bagi hidup kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...