Senin, 26 April 2010

PROSES KATEKESE LANSIA (6)

e. Pendampingan Pasca Baptis

Setelah proses pembaptisan selesai, lansia masih harus tetap didampingi oleh legioner untuk mengajaknya lebih dalam mengenal Penyelamat dan akan keselamatan itu sendiri. Hal ini tetap dilakukan dengan kunjungan rutin setiap minggu.


Bila pembaptisan yang diterima adalah pembaptisan darurat, sementara bahan-bahan katekese belum sepenuhnya diberikan, maka dalam pendampingan pasca baptis ini bahan-bahan katekese harus tetap disampaikan, terutama 7 bahan pokok iman Kristen tersebut di atas (lihat penjelasan di atas). Bahan-bahan ini disampaikan sambil menekankan perlunya doa-doa bagi keselamatan pribadi, bila sewaktu-waktu Tuhan memanggil. Legioner dianjurkan untuk meminta bantuan keluarga lansia untuk mengajak lansia baptisan baru secara rutin berdoa harian.

Pendampingan pasca baptis juga bertujuan untuk memberi pengertian dan materi pada lansia tentang pentingnya sakramen rekonsiliasi (sakraman tobat) dan bila memungkinkan mengikutsertakannya dalam penerimaan sakramen Penguatan (krisma) dan sakramen urapan orang sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...