Senin, 26 April 2010

PROSES KATEKESE LANSIA (7)

6. Materi Katekese Bagi para Lansia

Sebelum dijabarkan pada materi katekisasi lansia, ada bebepara hal yang perlu dijadikan perhatian bagi para legioner dalam proses katekisasi lansia.


A. Hal-hal penting yang menjadi perhatian


- Katekese adalah salah satu bentuk pelaksanaan tugas pastoral Gereja jadi harus melibatkan seluruh komponen Gereja.
- Katekese senantiasa mengandaikan adanya komunikasi iman antara Pembina (Pendamping) dengan para katekumen.
- Berkatekese berarti berusaha untuk saling tukar menukar pengalaman iman, saling meneguhkan, saling mengembangkan, saling mengarahkan dan menggairahkan iman.
- Katekese harus berproses dalam situasi Konkrit (pada keseluruhan diri pribadi peserta/katekumen serta segala situasi dan kondisi yang menyertainya). Gereja melalui Konsili Vatikan II menegaskan : “Gereja harus merasa diri senasib dengan seluruh masyarakat dalam suka dan duka, dalam harapan maupun kecemasan”. (GS art.1)
- Katekese membutuhkan berbagai metode, yaitu cara-cara pelayanan yang kreatif agar peserta dapat bertemu dengan Tuhan (sebagaimana telah dilakukan Yesus).
- Pengembangan katekese harus bersifat dinamis seiring dengan perkembangan zaman, situasi dan kondisi setempat serta situasi dan kondisi peserta.

Sebelum dimulai proses katekese pada para lansia, perlu diperhatikan beberapa hal yang penting dalam proses katekese ini :
- Metode katekese : gabungan antara Naratif Eksperensial dan Kontekstual: tidak lepas dari sejarah hidup manusia terutama yang dekat dan terkait dengan lansia yang dilayani, maka setiap bahan yang akan dibahas, terlebih dahulu dicarikan contoh dalam hidup sehari-hari melalui sharing dari Pembina terlebih dahulu.
- Cara berkomunikasi: menghibur, mendengarkan, sabar dan setia, menyapa keluarga, melibatkan keluarga
- bertanya tentang keadaan, masalah-masalah yang dihadapi, dan perlu minta didoakan dalam hal-hal apa
- digabungkan dalam persekutuan umat : diajak/dibiasakan ikut Misa Kudus, kegiatan lingkungan, kegiatan khusus lansia
- Jangan lupa selalu berdoa dan melatih doa-doa dasar, dengan juga mengajak keluarga untuk mendorong para lansia untuk ingat berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...