Senin, 03 Mei 2010

PENDERITAAN MANUSIA AKIBAT DOSA

Pertemuan 3 Katekese lansia:
Tema: PENDERITAAN MANUSIA AKIBAT DOSA

Referensi biblis
 Kej 3: 1- 24, Kej 11: 1-9

Renungan sebagai bahan refleksi dan sharing :
 Pernahkan saya mengalami sakit, penderitaan, kegagalan atau kepedihan dalam hidup?
 Apa penyebabnya ?
 Ketika saya melakukan kesalahan, apa yang saya kemudian saya alami? Bagaimana perasaan saya?
 Bagaimana cara memperbaiki kesalahan yang telah saya lakukan ?
 Pernahkah saya mengalami godaan untuk berbuat yang tidak baik ? Bagaimana mengatasinya ?


Pokok-pokok iman dan refleksi:
 Pada awal penciptaan Allah memberi semua yang baik, Allah juga memberi perintah / nasehat / batasan dan resiko bagi setiap pilihan (baik atau buruk), tetapi Allah memberi manusia kebebasan untuk memilih. Apakah saya selalu memilih yang baik untuk hidupku ?

 Godaan (disimbolkan dengan ular  Godaan itu datang justru membuat kita tergiur, sesuatu yang “kelihatan” nikmat/ mudah/ enak/ menarik/ menguntungkan dll. Bila manusia jatuh dalam godaan dan melawan perintah Allah maka ia berbuat dosa.

 Dosa berasal dari keinginan manusia untuk melawan/memberontak terhadap Allah bahkan menyamai Allah sendiri (lih ayat 3)  manusia menginginkan segala sesuatu, serakah, tidak pernah puas dan selalu merasa kurang (kurang kaya, kurang cantik dll). Dengan keserakahannya, manusia menjadi tidak pernah tenang dan akhirnya menderita. Apa yang paling aku inginkan saat ini ?

 Bila manusia berbuat dosa maka ia mendatangkan maut atas drinya; bukan berarti setelah berdosa akan langsung mati. Tapi malalui proses hukuman dalam diri manusia (rasa malu, bersalah, ketakutan, menderita). Kematian yang pertama dialami manusia adalah kematian hati/rohani, yaitu ketika manusia tidak lagi merasa bersalah ketika ia berbuat dosa.

 Dosa menghancurkan hubungan baik antar manusia dan manusia dengan Allah, dan sampai akhirnya manusia selalu memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa. Inilah hukuman yang diwariskan manusia pertama Adam dan Hawa serta kepada keturunannya, yang disebut Dosa Asal.

 Godaan akan selalu ada di hadapan kita, untuk itu manusia harus waspada dan berdoa agar hubungan manusia dengan Allah tetap baik, sehingga setan tidak berkuasa atas diri manusia. Apakah aku sudah berdoa memohon kekuatan kepada Tuhan untuk selalu kuat melawan godaan dalam hidup ?

 Allah yang Mahabaik kadangkala memakai penderitaan / sakit / kegagalan untuk mendewasakan manusia. Pada saat menderita / sakit / gagal manusia akan bergantung (berdoa, memohon) kepada Tuhan. Dan ketika itu sudah berlalu, maka manusia menjadi lebih dewasa dan kuat dalam menghadapi hidupnya.

 Tapi Allah tidak membiarkan manusia sengsara / menderita karena kedosaannya. Allah telah menunjukan merencanakan dan menjanjikan akan adanya Sang Juru Selamat manusia, yang akan menyelamatkan manusia dari kedosaannya (lih ayat 15).

 Kisah Kejadian ini mau menunjukan bukan hanya tentang dosa, tapi mau menunjukkan kehadiran pribadi Allah yang mengasihi manusia dan menghendaki agar manusia selalu hidup damai dan bahagia dengan mendasarkan hidupnya dari Kasih Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...