Minggu, 02 Mei 2010

DASAR-DASAR KATEKESE I

Kata katekese ditemukan dalam Kitab Suci :
o Luk 1:4 (diajarkan),
o Kis 18:25 (pengajaran dalam jalan Tuhan),
o Kis 21:21 (mengajar),
o Rm 2:18 (diajar);
o 1 Kor 14;19 (mengajar)
o Gal 5:6 (pengajaran) katekese

Katekese ialah pembinaan anak-anak, kaum muda dna orang-orang dewasa dalam iman, yang khususnya mencakup penyampaian ajaran Kristen, yang pada umumnya diberikan secara organis dan sistemastis, dengan maksud mengantar para pendengar memasuki kepenuhan hidup Kristen (Cathechesi Tradendae 18)
dalam konteks ini dimengerti sebagai pengajaran, pendalaman, dan pendidikan iman agar seorang Kristen semakin dewasa dalam iman, tetapi Dewasa ini katekese juga dimengerti sebagai pengajaran sekaligus latihan-latihan bagi para calon baptis, atau kita kenal dengan istilah katekese baptis dan katekese mistagogi
Dengan kata lain katekese adalah usaha-usaha dari pihak Gereja untuk menolong umat agar semakin memahami, menghayati dan mewujudkan imannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaannya terdapat unsur pewartaan, pengajaran, pendidikan, pendalaman, pembinaan pengukuhan serta pendewasaan

Beberapa istilah
o Katekismus
Buku ajaran iman yang dikeluarkan resmi oelh pimpinan Geeja, Ada yg bersifat universal, ada juga yang nasional dan local
o Katekese
Pembinaan iman praktis atau kegiatan bina iman, atau dalam sejumlah tulisan katekese juga dimengerti sebagai ilmu yang disejajarkan dengan ilmu pastoral atau teologi
o Katekumen
Calon Baptis, orang-orang yang belajar percaya
o Katekumenat
Masa persiapan calon baptis (umumnya 1 tahun)
o Katekis
Pembina iman/pengajar katekument
o Kateketik
Ilmu pendidikan agama atau ilmu bina iman, yang memperlajari segala sesuatu yang berkaitan denngan pembinaan iman.
o Kateketat
Sebutan untuk para pakar bidang ilmu kateketik

Tugas dan peran Katekese
• Katekese memberitakan sabda Allah, mewartakan Kristus
o Katekese, suatu wujud pelayanan sabda Allah menghadapi kesulitan dalam memanfaatkan ajaran teolog tentang sabda Allah
o Maksdu terdalam katekese adalah agar iman dan hidup manusia berpadu secara integral
o Katekese berfungsi menggali pengalaman dengan maksud memasang saluran komunikasi iman.

Beberapa dimensi fundamental dari misteri sabda Allah untuk mengenal hakikat katekese :
Mewartakan Yesus Kristus
• Pertama-tama kita menelaah element penting dalam perencanaan pewahyuan diri Allah kepada manusia, (gaudium et Spes 22)
“Sesungguhnya hanya dalam misteri Sabda yang menjelmalah misteri manusia bener-benar menjadi jelas…Kristus, adam yang baru, dalam pewahtuan misteri Bapa serta cinta kasihnYA sendiri, sepenuhnya menampilkan manusia bagi manusia, dan membeberkan kepadanya panggilannya yang amat luhur.”
• Dimensi kristosentris dan persinalistis dari wahyu Allah harus sepenuhnya mewarnai dan menyatakan perbedaan dari setiap bentuk pelayanan sabda.
Hakikat dan tujuan katekese di Indoneisa dirumuskan oleh para Uskup sebagai berikut :

Katekese adalah usaha saling menolong terus menerus dari setiap orang untuk mengartikan dan mendalami hidup pribadi maupun bersama menurut pola Kristus menuju hidup kristiani yang dewasa penuh (naskah kerja MAWI 1976)
Mewartakan kabar Gembira
Katekese memberi keterangan dan tafsiran atas kehidupan manusia. Dimensi fundamental lain dari sabda Allah dalam manifestasi historisnya adalah dimensi penyelematan dan sifat antropologisnya.
Sabda Allah menafsirkan dan menerangi eksistensi manusia. Wahyu mewujudkan diri dalam bentuk kata dan perbuatan, warta dan kejadian. Begitulah wahyu bersifat menerangi dan memberi arti atas peristiwa hidup, problem eksistensial dan histories manusia seraya menghalau kekaburan dan kekelaman.
Sabda Allah berdaya mengubah dan membebaskan. Sabda Allah mengandung kekuatan bukan saja untuk mentafsirkan sejarah tetapi juga untuk menciptakan sejarah. Wahyu adalah suatu sabda yang mengerjakan apa yang diwartakan dan yang dijanjikan, seperti keselamatan, pembebasan, persekutuan, dan damai. Sabda menyatakan pembebasan integral umat manusia seluruhnya (EN 31)
Katekese adalah pelayan sabda Allah, ia mesti sadar akan hakikat dan tugasnya. (katekese menolong manusia dengan memberitakan sabda pembebasan dan penyelamatan Allah.
Katekese mendidik umat beriman (Messaggio sinodo 77 no 5)
Pewartaan kabar keselamatan seyogianya menimbulkan jawaban silang pendengar, Jawaban itu disebut iman. Iman dan katekese jadinya kita mengkait dan saling membutuhkan.

Dari www.imankatolik.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...