Kamis, 17 Juni 2010

TEMA XX: GEREJA: PERSEKUTUAN YANG BERDOA DAN BERIBADAT

Pertemuan 20 Katekese Lansia
TEMA : GEREJA: PERSEKUTUAN YANG BERDOA DAN BERIBADAT

Referensi biblis : Kis 2:41- 47 Cara hidup jemaat pertama

Pokok-pokok iman dan refleksi:

 Kalau Anda mendengar kata Gereja. Apakah yang terlintas di pikiran Anda? gedung gereja, Pastor, Misa, katekumen, kitab suci. Semua jawaban itu tidak lengkap karena hanya manjawab sebagian dari makna gereja sebenarnya.

 Mengapa umat Katolik harus berdoa ? Mengapa harus pergi Misa ke Gereja setiap hari minggu ? mengapa harus aktif di lingkungan ? Mengapa mesti peduli dan membantu mereka yang miskin? Semua jawabannya adalah karena kita (umat katolik) adalah Gereja. Apakah Gereja itu ?


 Apakah itu Gereja ?
 Gereja adalah persekutuan UMAT ALLAH, yang dijiwai oleh Roh Kudus (Kis 2:42). Umat Allah adalah semua orang beriman yang “satu iman, satu Tuhan dan satu Baptisan” (Ef 4:5) dan mempunyai martabat / kedudukan / tugas perutusan yang sama.  Gereja = sakramen Roh Kudus, karena Gereja menjadi tanda dan sarana karya Roh Kudus di dunia, melalui karya dan pelayanan umat beriman.

 Gereja adalah TUBUH KRISTUS. Santo Paulus mengungkapkan “tubuh” sebagai kesatuan jemaat. “Sebab sama seperti pada satu tubuh kita mempunyai banyak anggota, tetapi tidak semua anggota itu mempunyai tugas yang sama, demikian juga kita, walaupun banyak, adalah satu tubuh di dalam Kristus; tetapi kita masing-masing adalah anggota yang seorang terhadap yang lain” (Roma 12:4-5).
Sama halnya tubuh manusia, terdiri dari banyak bagian dan mempunyai fungsi masing-masing. Begitu pula kit sebagai “Tubuh Kristus”, artinya kita semua orang katolik adalah mata/kaki/tangan/mulut/pikiran Kristus sendiri, yang dikaruniakan Kristus dan mempunyai fungsi masing-masing, misalnya karunia untuk berdoa, mengajar, menghibur orang sakit, bernyanyi, dll. Oleh karena itu kita, wajib untuk memanfaatkan karunia kita masing-masing untuk kepentingan bersama dalam kesatuan Gereja yaitu saling mempersatukan dan melengkapi satu sama lain.

 Yesus mendirikan Gereja untuk meneruskan tugas dan perutusanNya di dunia hingga saat ini. Gereja mulai berdiri saat Pentakosta, yaitu pencurahan Roh kudus atas para rasul.

 Gereja katolik sebagai umat Allah yang beriman akan Yesus Kristus selalu berpusat pada Yesus sendiri. Gereja = sakramen Yesus, karena Gereja menjadi tanda kehadiran dan sarana pelanjutan karya Yesus di dunia, Gereja adalah penampakan dan penyataan Yesus saat ini. Orang katolik mengakui dan mengimani bahwa Yesus SELALU HADIR ketika umat katolik berkumpul seperti sabdaNya : “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka" (Mat 18:20). Apapun bentuk kegiatannya (berdoa, bernyanyi memuji Tuhan, bersharing iman, renungan, meditasi, dll), kalau umat beriman katolik berkumpul atas nama Yesus, itulah yang disebut GEREJA.

 Untuk menggembalakan dan mengembangkan Gereja sebagai persekutuan umat beriman akan Yesus, haruslah ada struktur, aturan dan pembagian tugas, yang mempunyai fungsi dan tanggung jawab masing-masing. Berikut ini adalah struktur Gereja lokal mulai dari yang terkecil hingga terbesar :

 Keluarga : keluarga katolik adalah dasar pendidikan iman bagi seluruh anggota keluarga. Dalam keluarga kita saling melengkapi, menyemangati, berbagi, sehingga kita dapat semakin bertumbuh dalam iman.

 Lingkungan : persekutuan/ kumpulan dari sejumlah keluarga katolik yang saling berdekatan tempat tinggalnya. Dalam lingkungan, keluarga katolik diharapkan mampu menunjukkan kebersamaan dan kerjasama sehingga menciptakan kerukunan, saling peduli, saling bantu. Bentuk-bentuk pertemuan lingkungan antar lain : doa, ibadat dengan tema-tema tertentu sesuai dengan kalender / liturgi gereja (Misalnya : bulan Mei & Oktober berdoa rosario, renungan pra paskah pada masa pra paskah, masa adven / pendalaman kitab suci), perayaan Ekaristi (syukuran, mendoakan arwah, dll)

 Wilayah/Stasi : beberapa lingkungan berkumpul menjadi persekutuan yang lebih besar.

 Paroki : persekutuan umat katolik yang dibentuk secara tetap dalam gereja merupakan bagian dari keuskupan. Kegiatan rutin di setiap paroki adalah perayaan Ekaristi setiap hari. Sebuah Paroki dipimpin oleh Pastor/ Imam / Romo. Tugas Pastor adalah menggembalakan umat paroki khususnya dan menjalankan tugas dari uskup.

 Keuskupan : gabungan dari beberapa paroki dalam batas wilayah tertentu. Dipimpin oleh seorang uskup. Para uskup adalah pengganti para rasul sebagai gembala gereja.

 Paus : pemimpin dari gereja katolik sedunia. Paus adalah wakil Kristus di dunia, penerus / pengganti Rasul Petrus (pemimpin gereja perdana).


 Dengan terlibat dalam persekutuan-persekutuan tersebut, umat katolik akan semakin nyata menampilkan tubuh Yesus yang utuh dan tidak terbagi-bagi. Di persekutuan gereja inilah diharapkan umat katolik dapat saling peduli, terbuka, membantu, mendukung dan bertumbuh dengan bimbingan Roh Kudus. Itulah mengapa Umat katolik mesti ke Gereja, berdoa, ke lingkungan serta peduli pada sesama, karena :

 Tugas Gereja yang dasar adalah menampakkan/menyatakan Yesus di dunia. Penampakan Tubuh Yesus yang utuh hanya terjadi kalau umat beriman menyatu, berkumpul dan beribadat pada Allah. Dalam persekutuan itulah nampak semakin jelas bahwa Gereja adalah tanda kehadiran dan penampakan Yesus di dunia.

 Penampakan dan kehadiran Yesus juga harus dirasakan oleh dunia melalui karya dan pelayanan Gereja (umat beriman) yang baik, tulus dan lebih peduli pada mereka yang miskin. Sama seperti Yesus dahulu berkarya bagi sesamanya.

Umat yang terbagi, terpisah, terpecah, tidak menyatu dalam persekutuan umat beriman tidak dapat disebut sebagai Gereja. Mereka adalah seperti ranting yang terputus, tidak menyatu dengan pokoknya dan menjadi kering. Saat musim penyemaian dan panen tiba, mereka akan diikat dan dibakar dalam api.


 Ciri khas gereja Katolik : Satu, Kudus, Katolik & Apostolik.

 Satu : gereja katolik sebagai satu kesatuan di bawah Kepala Gereja yang satu, yang disatukan oleh Allah sendiri melalui Roh Kudus.
 Kudus : bukan hanya diartikan bahwa pendirinya, Yesus Kristus adalah kudus; tapi juga karena kasih Allah menginginkan umatNya menjadi Kudus.
 Katolik : katolik bahasa Yunani, artinya universal / umum / merangkul semua. Umum karena gereja tidak untuk golongan bangsa / umat tertentu saja.
 Apostolik, berasal dari bahasa latin “apostolos” artinya rasul. Gereja katolik didirikan oleh Kristus pertama atas para rasul dan gereja katolik saat ini pun memakai kesamaan gereja pada jaman para rasul, saat ini gereja dilanjutkan oleh bapa Paus, Uskup, imam dan seterusnya untuk melestarikan serta menyebarluaskan ajaran-ajaran Kristus.

 Sebagai penyataan Tubuh Yesus, Gereja dibedakan menjadi 3 :

 Tubuh Yesus yang berkarya di dunia  disebut Gereja yang berziarah
Adalah Gereja (umat Allah) yang ada di dunia ini menjadi tanda kehadiran dan penyataan Yesus (diperingati saat hari pentakosta)

 Tubuh Yesus yang tersalib (menderita)  Gereja yang menderita di api penyucian, adalah umat beriman yang masih menderita di api penyucian karena semasa hidupnya tidak/kurang mengamalkan perintah Yesus. (Gereja memperingati setiap tgl 2 Nopember – Peringatan semua arwah orang beriman)

 Tubuh Yesus yang telah bangkit  Gereja yang mulia, adalah umat beriman yang telah mulia, serupa, bersatu dan berbahagia bersama Yesus di surga. (Gereja memperingati setiap tgl 1 Nopember – Hari Raya semua orang Kudus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...